top of page

Master Guide Sebagai Misionari

Pada tanggal 1-5 April 2023, Departemen Pelayanan Pemuda Gereja Masehi Advent Hari Ketujuh Uni Konferens Indonesia Kawasan Timur dibawa “komando” hamba Tuhan MG. Pdt. Djunaidi Muntu sebagai Direktur, menggelar acara Pendidikan Latihan (Diklat) Master Guide Skill One (MGSO) angkatan ketiga yang bertempat di Daerah Konferens Manado dan Provinsi Maluku Utara sebagai tuan rumah. Direktur Pelayanan Pemuda, MG. Pdt. Ressa Liwe terus berkoordinasi dengan Panitia Pelaksana yaitu alumni MGSO angkatan kedua yang bernama “Anoa Perkasa” yang diketuai oleh MG. Pdt. Michael Bawengan dengan mengusung tema: Back to the Altar dan menyajikan 25 Materi Kepahaman.



Kegiatan dimulai di Kantor Pusat GMAHK DKMMU pada tanggal 1 April 2023 pada jam 16.00 WITA dengan acara seminar Care Group oleh MG. Pdt. Efraim Abuno sebagai Field Secretary dengan menekankan Peran Master Guide dalam penginjilan berbasis Care Group. Setelah penutupan Sabat, panitia langsung membuka pendaftaran ulang, pemeriksaan keuangan dan hal-hal lain yang berhubungan dengan administrasi. Setelah itu, peserta diarahkan untuk mempersiapkan diri mengikuti seluruh kegiatan.


Acara Pembukaan dilaksanakan pada tanggal 2 April 2023 jam 10.00 – 12.00 WITA dan dihadiri oleh MG. Pdt. Ritus Keni selaku Ketua GMAHK DKMMU. Dalam sambutannya, Keni menekankan bahwa Master Guide harus berjuang untuk memperbaiki kembali altar yang telah rusak. Master Guide harus mengasah skill utama yaitu terlibat dalam penginjilan. “Saya berterima kasih karena pimpinan GMAHK UKIKT memilih DKMMU sebagai tuan rumah, lanjutnya. Dengan segala sumber daya yang ada kiranya acara MGSO III ini dapat berlangsung dengan baik.


Upacara Pembukaan berlangsung dengan penuh hikmat dan sebagai Pemimpin Upacara adalah Direktur PA UKIKT dan sebagai Komandan Upacara adalah MG. Nixon Doringin. Dalam amanatnya, Muntu menyebutkan bahwa kegiatan MGSO ini dicetuskan olehnya dengan tujuan melatih para Master Guide untuk “Refocus on Mission” dengan mengasah kembali aspek Rohani, Fisik, Mental dan Sosial. Muntu juga mengapresiasi beberapa peserta yang bukan muda lagi tetapi bersemangat untuk mengikuti kegiatan ini. Bahkan ada beberapa pimpinan organisasi yang turut serta dalam mengikuti pelatihan. Diantaranya adalah dr. Raymon Sakul selaku Direktur Rumah Sakit Advent Palangkaraya dan Pdt. Gleen Sakul selaku Direktur Pelayan Pemuda Advent Daerah Konferens Sulawesi Selatan Barat dan Tenggara. “Saya juga berterima kasih kepada para peserta yang berlatar belakang sebagai seorang Pendeta, yang mau mengikuti kegiatan ini. Semoga melalui kegiatan ini, kalian akan menjadi hamba-hamba Tuhan yang berdedikasi dan bersemangat, lanjutnya.


Setelah upacara pembukaan, peserta yang berjumlah 38 orang bersiap untuk melanjutkan kegiatan ke gunung Tumpa, Pulau Nain, pulau bunaken, pulau Siladen dan tempat finish adalah Manado Treetop Zipline Park yang beralamat di Kelurahan Tongkaina. Spot-spot yang akan dilewati oleh para peserta sebagai tantangan adalah merupakan slogan utama MGSO yang disebut “GURILA” (Gunung, Rimba, Laut, Air).


Kegiatan MGSO bertujuan untuk mengasah kembali “Skill” para Master Guide dengan harapan setelah kembali dari pelatihan ini, Master Guide akan lebih bersemangat untuk mengembangkan klub masing-masing.


Dilaporkan oleh: Michael Bawengan

3 tampilan0 komentar

Comments


bottom of page