top of page

HUT ADVENTURER YANG KE-34 DENGAN TEMA "A WONDERFUL JOURNEY "



DESA HALONG BARU. sdaeiuc.org | Klub Adventurer GMAHK Jemaat Halong sukses menggelar kegiatan perkemahan Adventurer yang meriah dalam rangka merayakan HUT Adventurer yang ke-34. Dengan tema "A Wonderful Journey," kegiatan ini bertujuan untuk memperkuat hubungan antara orang tua dan anak, memperkuat hubungan iman dengan Yesus Kristus, serta melatih anak-anak untuk mandiri, bertanggung jawab, dan melayani sesama.


Kegiatan yang berlangsung selama empat hari ini, mulai dari tanggal 18 hingga 21 Mei 2023, diadakan di HSDAC Kintal, yaitu halaman Gereja GMAHK Jemaat Halong. Meskipun awalnya panitia mengkhawatirkan cuaca hujan karena musim yang tidak menentu, mereka bersyukur karena Tuhan memberikan kondisi cuaca yang sangat bersahabat selama kegiatan berlangsung.

Sebanyak 15 peserta dari berbagai kelas Adventurer, yaitu Burung Cekatan, Lebah Rajin, Sinar Matahari, Pembangun, dan Tangan Penolong, ikut serta dalam perkemahan ini. Setiap peserta didampingi oleh tim pengasuh yang bertanggung jawab untuk membimbing mereka dalam setiap kegiatan.


Kegiatan perkemahan ini dibuka oleh Pdt. R Uniana, Direktur Pemuda dan Pathfinder Daerah Misi Maluku, pada hari Kamis, 18 Mei pukul 11:00 WIT. Beliau memberikan apresiasi yang tinggi terhadap inisiatif jemaat dalam mengadakan kegiatan ini, yang sejalan dengan visi dan misi pengembangan kerohanian dan pertumbuhan anak. Beliau berharap agar kegiatan serupa juga dapat dilaksanakan dalam skala jemaat, untuk memotivasi umat dalam meningkatkan kualitas hidup mereka.

Selama kegiatan, anak-anak mengikuti kelas kepahaman yang melatih mereka dalam berbagai keterampilan teori yang berguna dalam kehidupan sehari-hari. Mereka juga diberikan pengetahuan yang dibutuhkan sebelum melakukan kegiatan hiking pada hari kedua.


Hari kedua dimulai dengan senam pagi dan dilanjutkan dengan kegiatan hiking di sekitar wilayah hutan Desa Lateri, dengan jarak sekitar 2 km dari lokasi perkemahan. Kegiatan hiking ini bertujuan untuk melatih kerjasama, keberanian, dan tanggung jawab anak-anak dalam menghadapi rintangan dan tantangan. Mereka diuji untuk mengimplementasikan pengetahuan teori yang telah mereka pelajari sebelumnya.

Hari ketiga, pada hari Sabtu, merupakan perayaan Sabat bersama, di mana anak-anak diajak untuk aktif berpartisipasi dalam berbagai tugas pelayanan. Pada sore harinya, mereka juga terlibat dalam kegiatan penginjilan, membagikan buku-buku penginjilan kepada masyarakat sekitar Desa Lateri. Anak-anak sangat bersemangat karena melalui momen ini mereka dapat memberikan doa dan berkat kepada orang-orang yang membutuhkan.

Malam harinya, diadakan pentas malam budaya, di mana anak-anak berkesempatan untuk menampilkan bakat-bakat mereka. Pada kesempatan ini, beberapa penghargaan diberikan kepada anak-anak yang menonjol dalam beberapa kategori penilaian sebagai bentuk apresiasi.


Hari terakhir ditandai dengan upacara penutupan dan pembubaran peserta. Selama kegiatan, anak-anak dilatih untuk disiplin dan bertanggung jawab terhadap diri sendiri. Mereka mengikuti jadwal yang telah ditentukan, termasuk waktu tidur, ibadah pagi dan malam, serta pola makan yang teratur. Anak-anak juga diajarkan untuk makan buah, menghabiskan makanan mereka, dan membersihkan peralatan setelah makan. Selain itu, mereka bertanggung jawab untuk merapikan tempat tidur, mandi, dan menyiapkan pakaian mereka sendiri setiap hari.


Pendeta dari jemaat Halong memberikan tanggapan yang positif terhadap kegiatan ini. Ia mengapresiasi klub Adventurer dan semua yang terlibat dalam mengorganisir perkemahan yang sangat bermanfaat ini. Kegiatan ini membantu memperkuat iman anak-anak, mengembangkan kemandirian, kreativitas, serta semangat pelayanan kepada Tuhan dan sesama.


Kegiatan perkemahan Adventurer ini didukung oleh biaya dari jemaat, orang tua, dan donatur. Panitia perkemahan yang terdiri dari anggota Klub Adventurer GMAHK Jemaat Halong berperan sebagai pelaksana kegiatan ini. Dengan dukungan Tuhan, seluruh rangkaian kegiatan dapat berjalan dengan lancar dan sukses.


Melalui kegiatan ini, nama Tuhan dipermuliakan dan diharapkan dapat menjadi motivasi bagi klub Adventurer dan juga Pathfinder untuk mengadakan event serupa di masa depan.


sc :

Pdt. William. Sopacua

Direktur Komunikiasi Daerah Misi Maluku


27 tampilan0 komentar

Comments


bottom of page