top of page

IBADAH PENGORGANISIRAN GMAHK JEMAAT LISTRA



DMPB-Manokwari.sdaeiuc.org | Sabat, 8 Oktober 2022 merupakan hari paling bersejarah dalam pelayanan pekerjaan Tuhan di Jemaat Listra. Setelah resmi menjadi Sekolah Sabat Cabang pada 13 Februari 2021 di bawah naungan Gereja Masehi Advent Hari Ke-Tujuh (GMAHK) Jemaat Reremi Puncak, dan diorganisir setahun kemudian menjadi Perkumpulan Listra pada 16 Februari 2022. Dengan pertolongan dan seijin Tuhan, tanggal 08 Oktober 2022 Perkumpulan Listra resmi diorganisir menjadi Jemaat Listra. Dalam ibadah tersebut, 33 anggota baptis GMAHK di Wilayah Manokwari mengambil keputusan untuk bergabung dalam pelayanan Tuhan di Jemaat Listra. Jemaat Listra menjadi jemaat ke-47 di Daerah Misi Papua Barat (DMPB) dan menjadi jemaat ke-17 di Wilayah Manokwari. Ibadah ini dihadiri oleh anggota dari 17 Jemaat GMAHK se-wilayah Manokwari, dan dipimpin langsung oleh officers GMAHK DMPB.


Hadir pada ibadah ini, Pdt. Tedd J. Windewani, M.Min. selaku Ketua GMAHK DMPB, Pdt. Toni Mayai, M.Min. selaku Sekretaris Eksekutif GMAHK DMPB, Pdt. Hans Ubey, M.Min. sekalu Direktur Sekolah Sabat dan Penatalayanan GMAHK DMPB, Pdt. Karunia Salama, M.Th. selaku Field Secretary dan Sekretaris Asosiasi Kependetaan GMAHK DMPB, dan Ibu Anny Windewani selaku Koordinator MSA, Direktur BWA, Direktur Departemen Anak-anak, dan Direktur Rumah Tangga DMPB.


Ibadah diawali dengan kebaktian Rumah Tangga yang dibawakan oleh Keluarga Noldy Pudihang, dan dilanjutkan dengan kebaktian Sekolah Sabat dengan Sdri. Indri Rumbay sebagai MC, Sdri. Irene Tiran sebagai pembawa Ayat Hafalan dan Doa Buka, dan Sdri. Hastrilia Buntang sebagai pembawa Berita Mision. Ibadah dilanjutkan dengan Diskusi Pelajaran Sekolah Sabat yang dipimpin oleh Ketua-Ketua Jemaat dan Pendeta-Pendeta se-Wilayah Manokwari. Kebaktian Sekolah Sabat diakhiri dengan Motivasi Anggota Bekerja yang dibawakan oleh Sdr. Yance Rumbay, dan ucapan terima kasih oleh Pdt. Ruru Kanaka selaku Pdt. Jemaat. Sdr. Yance Rumbay memberikan kesaksian tentang perjalanan pelayanan umat Tuhan mulai dari Sekolah Sabat Cabang sampai kepada persiapan Pengorganisiran Jemaat.


Ibadah kemudian dilanjutkan dengan Kebaktian Khotbah yang dipandu oleh Pdt. Arthur, M.Th. selaku Ketua GMAHK wilayah Manokwari, dilanjutkan dengan bacaan ayat bersahutan oleh Pdt. Karunia Salama, M.Th., doa syafaat oleh Pdt. Toni Mayai, M.Min., pembacaan dan doa persembahan oleh Pdt. Hans Ubey, M.Min., pembacaan ayat tema oleh Ibu Anny Windewani, dan Khotbah oleh Pdt. Tedd Windewani, M.Min.


Prosesi pengorganisiran dibuka dengan pembacaan SK Jemaat, dan dilanjutkan dengan pembacaan 5 nama anggota inti Jemaat yang menjadi pilar, serta disusul dengan 27 nama anggota lainnya oleh Pdt. Toni Mayai. Pdt. Karunia Salama me-review kembali 28 Doktrin GMAHK dihadapan anggota jemaat dan dilanjutkan dengan doa pengorganisiran (penumpangan tangan) oleh seluruh Pendeta-Pendeta urapan yang dipimpin oleh Pdt. Toni Mayai. Selanjutnya, prosesi ini dilengkapi dengan pembacaan nama-nama pegawai jemaat, dan pengurapan diakon dan diakones yang akan melayani di Jemaat LISTRA.


Ibadah dilanjutkan dengan khotbah oleh Pdt. Tedd Windewani. Dalam khotbahnya, Pdt. Windewani mengambil kisah Alkitab dalam Kisah Para Rasul 14 tentang pemberitaan Injil di Listra. Pdt. Windewani mengatakan bahwa “Jemaat Listra ada untuk mengabarkan injil, dan untuk membawa orang lain kepada Allah dan kebenaran”. Pdt. Windewani juga memberikan tantangan kepada Jemaat Listra untuk tetap setia kepada Yesus, setia pada doktrin GMAHK, mengabarkan Injil untuk tujuan keselamatan, dan memberitakan pekabaran Tiga Malaikat. Pdt. Windewani juga mengatakan bahwa “Gereja punya kekurangan dan kelemahan, tapi Allah yang akan menyempurnakan gereja untuk umat-umatNya”. Di akhir khotbah, Pdt. Windewani memberikan closing statement, mengingatkan dan mengajak Jemaat Listra untuk, “Setia dalam komitmen sebagai satu jemaat, setia dalam mengabarkan injil, setia dalam hal-hal rohani, sampai waktunya Yesus menjemput umatNya masuk dalam kerajaanNya”. Seluruh rangkaian ibadah sabat siang ditutup dengan doa berkat oleh Pdt. Windewani.



Koresponden:

Wendsney A. Sadi

19 tampilan0 komentar
bottom of page