top of page

PUNCAK PERAYAAN 1 ABAD GMAHK TIKALA SEKALIGUS MASUKNYA PEKABARAN ADVENT DI KOTA MANADO


MANADO sdaeiuc.org | 16 September 2023 – GMAHK Jemaat Tikala Manado merayakan ibadah syukur 100 tahun GMAHK Tikala Manado dan juga perayaan 1 abad pekabaran Advent masuk di kota Manado. Acara megah yang digelar di Manado Convention Centre (MCC) ini mengumpulkan lebih dari 3000 orang anggota jemaat yang ada di seluruh kota Manado. Ini Merupakan perayaan yang sangat bersejarah, menggabungkan seratus tahun ibadah syukur GMAHK Tikala dan 1 abad pekabaran Advent masuk di Kota Manado.


Kegiatan ini melibatkan banyak pihak, termasuk GMAHK Tikala, anggota jemaat GMAHK di Kota Manado, serta dukungan dari Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara dan Pemerintah Kota Manado. Acara yang berlangsung dari pukul 7.30 hingga 12.30 WITA ini memiliki alur kegiatan yang sangat menarik.

Acara dimulai dengan pre concert yang memukau dari berbagai paduan suara, dilanjutkan dengan konser lagu-lagu rohani yang mengharukan, diselenggarakan oleh Paduan Suara Jemaat Tikala dan Group Vokal Pilihan, kemuadian drama musikal yang mengungkapkan sejarah awal berdirinya GMAHK Tikala dan menggugah emosi semua anggota jemaat yang hadir.


Puncak acara adalah ibadah Sabat yang diikuti oleh ibadah syukur. Pdt. Jim Mamarimbing, M.Fil Pendeta jemaat GMAHK Tikala, memimpin ibadah ini, dengan renungan persembahan dan doa dibawakan oleh Pdt. Jacinta Addap selaku Bendahara GMAHK Divisi Asia Pasifik Selatan dan Bpk. Jeffry Ismail, MM selaku Bendahara GMAHK Uni Konferens Indonesia Kawasan Timur. Ayat tema dibawakan oleh Pdt. Ronald Rantung, M.Min selaku Sekretaris Eksekutif GMAHK Uni Konferens Indonesia Kawasan Timur. Kemudian dilanjutkan dengan perkenalan pembicara dan tamu-tamu yang hadir dipimpin oleh Pdt. Ritus Keni, M.Th selaku ketua GMAHK Daerah Konferens Manado dan maluku utara. Acara dilanjutkan dengan acara khotbah yang di bawakan oleh Pdt. Roger Caderma selaku ketua GMAHK Divisi Asia Pasifik Selatan dan dialibahasakan oleh Pdt. Wendel Mandolang selaku Sekretaris Eksekutif GMAHK Divisi Asia Pasifik Selatan. Kemudian dilanjutkan dengan doa berkat dan doa syukur yang dipimpin oleh Pdt. Samuel Yotam Bindosano selaku ketua GMAHK Uni Konferens Indonesia Kawasan Timur. Acara ditutup dengan sambutan dari Bpk. Drs. Steven Kandouw selaku Wakil Gubernur Sulawesi Utara, serta ucapan terima kasih oleh Bpk. Dr. Micler C.S. Lakat selaku Ketua Umum Panitia.

Dalam kemeriahan acara ini turut hadir juga Bpk. Andrei Angouw selaku Walikota Manado dan Bpk. Sarbin Sehe, M.Pd.I selaku kepala kantor wilayah Kementrian Agama Provinsi Sulawesi Utara.


Menurut dr. Edward Jim, Sp.Pk, acara ini adalah momentum berharga untuk mengangkat eksistensi GMAHK di Kota Manado, mengingat GMAHK Tikala adalah Gereja Advent pertama yang berdiri di sini. Pdt. Jhonatan Kuntaraf dan Ibu Kuntaraf Liwidjaya, yang saat ini tinggal di Amerika, mengatakan juga bahwa GMAHK Tikala awalnya dirintis oleh dr. Phang, seorang keturunan Tionghoa yang memulai pelayanan kesehatan gigi di Manado bersama Daniel Lim dan rekan-rekan lainnya, dan dari situlah semakin banyak orang yang tertarik untuk mendengarkan pekabaran injil melalui GMAHK di kota Manado.


Tujuan utama dari acara ini adalah untuk memperingati sejarah berdirinya GMAHK di Kota Manado serta memberikan motivasi kepada jemaat saat ini untuk tetap bersatu dalam mewujudkan misi "I Will Go, Be His Witness".

Sebagai catatan tambahan, GMAHK Tikala telah berdiri sejak September 1923, dan perayaan seabad ini menandai tonggak sejarah yang luar biasa dalam perjalanan gereja ini di Kota Manado. Semoga perayaan ini menjadi inspirasi bagi generasi mendatang untuk terus meneruskan pekabaran injil dan karya-karya baik di Kota Manado dan sekitarnya.




sc:

Pdt. Jim Mamarimbing, M.Fil

Pendeta Jemaat GMAHK Tikala - Manado



19 tampilan0 komentar
bottom of page